Selasa, 02 November 2010

Pengertian Knowledge Management


10/05/2010 by brianreynaldo

Sebelum membahas mengenai pengertian Knowledge Management. Sebaiknya kita tahu dulu bahwa knowledge itu terbagi atas 2 jenis, yaitu:

1. Tacit Knowledge, knowledge yang susah untuk dikomunikasikan karena lebih bersifat personal dan berasal dari pengalaman seseorang akan suatu konteks tertentu, sedangkan
2. Explicit Knowledge, knowledge yang mudah untuk kita susun, tulis dan sebarkan. Karena itu, knowledge inilah yang paling sering kita lihat sehari-hari, baik dalam bentuk tulisan pada media cetak, textbook, ataupun lewat media elektronik seperti yang saat ini sedang anda baca :) .

Dari kedua jenis knowledge ini, kita dapat melakukan transformasi dari Tacit menjadi Explicit, ataupun sebaliknya dari Explicit menjadi Tacit.

Sekarang ini kita hidup dalam era informasi. Dari masa ke masa manusia terus menerus mengalami perkembangan baik dari segi budaya maupun pengetahuan, mulai dari era berburu sampai dengan era informasi. Dan jika kita perhatikan dalam setiap era tersebut terdapat ciri khas masing-masing:

Era berburu : yang diperlukan adalah keahlian untuk menangkap mangsa, siapa yang paling lihai dalam berburu dialah “man of the age” :)

Era bertani yang dibutuhkan adalah keahlian bercocok tanam dan sumber daya alam, pada masa ini manusia sudah mulai untuk menetap dan mengerjakan tanah di tempat dimana mereka tinggal. Hingga akhirnya tiba pada

Era industri yang dimulai dari penemuan mesin uap oleh James Watt di akhir abad ke-19 hingga Henry Ford di Amerika Serikat yang sukses dengan Ford Motor Company-nya dimana dia menekankan pembagian tugas, ban berjalan, serta manajemen yang baik pada fungsi produksi, distribusi, marketing, bahkan keuangan sehingga dapat meningkatkan efektifitas perusahaannya. Namun semuanya itu tidak akan terjadi apabila tidak ada labor, tanah untuk melakukan usaha, ataupun financial capital. Karena itu pada era industri yang paling diperlukan adalah resources and money capital.

Mungkin teman-teman bertanya, kalau begitu di era informasi ini ciri khasnya apa dong? jawabannya adalah ya ini BLOG hehe…kalo masi ada yang bingung trus nanya, loh apa hubungannya ama Knowledge Management? berikut penjelasannya :

Jadi, di era Informasi saat ini yang ditandai dengan kemajuan TI yang pesat, selain mampu meningkatkan speed, efektifitas, efisiensi, maupun otomatisasi dalam proses bisnis , salah satu yang paling mencolok adalah ” kita mampu berbagi informasi dengan siapa saja, kapanpun, dan dimanapun kita berada ” dengan bantuan internet. Itulah sebabnya tadi saya katakan bahwa salah satu ciri khas era informasi adalah BLOG.

Lanjut, tadi saya juga menyebutkan bahwa ciri khas era industri adalah penggunaan Resources dan Money Capital, namun ternyata di era informasi Knowledge Management dapat mengurangi ketergantungan dunia bisnis terhadap ke-3 hal tersebut. Bagaimana caranya?

1. Resources (dalam hal ini Human Resources atau Labor) -> apabila seorang pegawai/staff lama berhenti bekerja, knowledge yang dia miliki tidak pergi begitu saja dengan dia namun dapat disimpan kedalam database sehingga apabila ada masalah lama yang biasa ditangani pegawai lama tersebut terjadi, pegawai baru dapat melihat penyelesaiannya melalui KM system.
2. Money Capital -> jika dalam contoh sebelumnya lebih mengarah kepada suatu perusahaan, maka pada contoh berikut ini saya akan melakukan pendekatan KM pada seseorang. KM tidak hanya mampu diterapkan dalam perusahaan, kitapun mampu menerapkan KM. Melalui Blog pun sebenarnya kita dapat menerapkan KM, dengan melakukan organisasi yang baik terhadap kategori dari artikel yang kita miliki sehingga kita lebih mudah dalam melakukan pencarian informasi yang kita butuhkan. Apabila ternyata KM kita bermanfaat dan memliki nilai jual, maka BLOG pun dapat menjadi modal bagi kita untuk menjalankan suatu usaha.

Jadi, dari pembahasan diatas maka secara kasar kita dapat mengartikan Knowledge Management sebagai “suatu aktifitas transformasi terhadap tacit knowledge dan explicit knowledge yang diolah sedemikian rupa melibatkan proses organizing, indexing, dan searching sehingga bermanfaat bagi perusahaan ataupun seseorang.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar